PENTIINGNYA
KERJASAMA DALAM KELOMPOK
A. PENGERTIAN
KERJASAMA
Moh. Jafar
Hafsah menyebut kerja sama ini dengan istilah “kemitraan”, yang artinya adalah
“suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka
waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prisip saling membutuhkan
dan saling membesarkan”.
H. Kusnadi
mengartikan kerja sama sebagai “dua orang atau lebih untuk melakukan aktivitas
bersama yang dilakukan secara terpadu yang diarahkan kepada suatu target atau
tujuan tertentu.” Dari pengertian kerjasama di atas, maka ada beberapa aspek
yangterkandung dalam kerja sama, yaitu: “Dua orang atau lebih, artinya kerja
sama akan ada kalau ada minimal dua orang/pihak yang melakukan kesepakatan”.
Oleh karena itu, sukses tidaknya kerjasama tersebut ditentukan oleh peran dari
kedua orang atau kedua pihak yang bekerja sama tersebut.
Jadi, dapat
disimpulkan bahwa Kerjasama (Team Work) adalah keinginan
untuk bekerja sama dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari
kelompok. Bukan bekerja secara terpisah atau saling berkompetisi. Kompetensi
kerjasama menekankan peran sebagai anggota kelompok, bukan sebagai pemimpin.
Kelompok disini dalam arti yang luas, yaitu sekelompok individu yang
menyelesaikan suatu tugas atau proses.
B. MANFAAT
KERJASAMA
H. Kusnadi
(2003) mengatakan bahwa berdasarkan penelitian kerja sama mempunyai beberapa
manfaat, yaitu sebagai berikut:
1.
Kerja sama mendorong persaingan dalam pencapaian
tujuan dan peningkatan produktivitas.
2.
Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar
dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
3.
Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga
biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan
bersaing meningkat.
4.
Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang
harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
5.
Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta
meningkatkan semangat kelompok.
6.
Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan
keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut
menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.
C. CARA
MEMBENTUK KERJASAMA KELOMPOK YANG BAIK.
Dalam
kelompok, kerjasama dapat terbentuk jika anggotanya :
1. Berpartisipasi,
anggota kelompok yang baik, melakukan tugas/bagiannya.
2. Mendukung
keputusan kelompok.
3. Sebagai
anggota kelompok, mengupayakan agar anggota lain mendapat informasi yang
relevan dan bermanfaat, misalnya informasi tentang proses kelompok, tindakan
individual, atau hal-hal yang penting.
4. Menghargai
masukan dan keahlian orang lain.
5. Mau
belajar dari orang lain (termasuk dari bawahan dan teman sejawat).
6. Meminta
ide dan pendapat kepada semua anggota kelompok untuk membantu membuat
keputusan.
7.
Secara terbuka memberi pujian kepada
orang yang berkinerja baik.
8.
Mendorong dan memberdayakan orang lain.
9.
Membuat orang lain merasa kuat dan
penting.
10.
Bertindak untuk menciptakan suasana
kerjasama yang akrab dan moral kerja yang baik dalam kelompok (misalnya
menciptakan simbol identitas kelompok).
11.
Menyelesaikan perselisihan yang terjadi
dalam kelompok.
12.
Melindungi/mempromosikan reputasi
kelompok.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar