Rabu, 18 Januari 2012

KERJASAMA

PENTIINGNYA KERJASAMA DALAM KELOMPOK

A.    PENGERTIAN KERJASAMA
Moh. Jafar Hafsah menyebut kerja sama ini dengan istilah “kemitraan”, yang artinya adalah “suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prisip saling membutuhkan dan saling membesarkan”.
H. Kusnadi mengartikan kerja sama sebagai “dua orang atau lebih untuk melakukan aktivitas bersama yang dilakukan secara terpadu yang diarahkan kepada suatu target atau tujuan tertentu.” Dari pengertian kerjasama di atas, maka ada beberapa aspek yangterkandung dalam kerja sama, yaitu: “Dua orang atau lebih, artinya kerja sama akan ada kalau ada minimal dua orang/pihak yang melakukan kesepakatan”. Oleh karena itu, sukses tidaknya kerjasama tersebut ditentukan oleh peran dari kedua orang atau kedua pihak yang bekerja sama tersebut.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kerjasama (Team Work) adalah keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok. Bukan bekerja secara terpisah atau saling berkompetisi. Kompetensi kerjasama menekankan peran sebagai anggota kelompok, bukan sebagai pemimpin. Kelompok disini dalam arti yang luas, yaitu sekelompok individu yang menyelesaikan suatu tugas atau proses.
B.     MANFAAT KERJASAMA
H. Kusnadi (2003) mengatakan bahwa berdasarkan penelitian kerja sama mempunyai beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut:
1.      Kerja sama mendorong persaingan dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
2.      Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
3.      Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.
4.      Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
5.      Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
6.      Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.
C.     CARA MEMBENTUK KERJASAMA KELOMPOK YANG BAIK.
Dalam kelompok, kerjasama dapat terbentuk jika anggotanya :
1.      Berpartisipasi, anggota kelompok yang baik, melakukan tugas/bagiannya.
2.      Mendukung keputusan kelompok.
3.      Sebagai anggota kelompok, mengupayakan agar anggota lain mendapat informasi yang relevan dan bermanfaat, misalnya informasi tentang proses kelompok, tindakan individual, atau hal-hal yang penting.
4.      Menghargai masukan dan keahlian orang lain.
5.      Mau belajar dari orang lain (termasuk dari bawahan dan teman sejawat).
6.      Meminta ide dan pendapat kepada semua anggota kelompok untuk membantu membuat keputusan.
7.      Secara terbuka memberi pujian kepada orang yang berkinerja baik.
8.      Mendorong dan memberdayakan orang lain.
9.      Membuat orang lain merasa kuat dan penting.
10.  Bertindak untuk menciptakan suasana kerjasama yang akrab dan moral kerja yang baik dalam kelompok (misalnya menciptakan simbol identitas kelompok).
11.  Menyelesaikan perselisihan yang terjadi dalam kelompok.
12.  Melindungi/mempromosikan reputasi kelompok.
DAFTAR PUSTAKA

khairul maddy.se. 2009. Pengertian Kerja sama. http://id.shvoong.com. 06 November 2009.

Chief Editor. 2008. Kamus Kompetensi: Kerjasama (Team Work). http://indosdm.com. 04 November 2008.

khairul maddy.se. 2009. Manfaat Kerja Sama. http://id.shvoong.com. 06 November 2009.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar