Minggu, 01 Januari 2012


PEMBAHASAN
PENGGUNAAN DAN PEMBUATAN E-CONSELING

1.      PENGERTIAN E-CONSELING (EMAIL KONSELING)
Email counseling merupakan proses terapeutik yang didalamnya terdapat kegiatan menulis selain ada kegiatan pertemuan secara langsung dengan konselor.  Karena, esensi e-counseling terletak pada menulis. Respon atau bantuan yang diberikan konselor bergantung pada informasi yang diberikan.  Konseli pun tidak perlu mengirimkan seluruh cerita mengenai masalah yang dihadapi, cukup dengan memilih informasi yang dirasakan pada satu situasi yang merupakan masalah.
E-mail merupakan cara paling baru dibandingkan dengan cara-cara yang lain untuk berkomunikasi secara cepat dan efektif melalui internet. Hal ini  tidak bermaksud untuk menggantikan konseling tatap muka ( face to face ), tetapi dapat  menjadi salah satu cara dalam membantu konseli untuk memecahkan masalahnya meskipun dalam keadaan jauh dalam hal tanpa bertemu langsung dengan konselor.
Email counseling merupakan satu cara untuk berkomunikasi antara konseli dengan konselor yang didalamnya dibahas mengenai masalah-masalah yang dihadapi koseli, misalnya masalah-masalah yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian dan kehidupan konseli melalui surat atau tulisan pada internet.  Selain e-mail juga bisa dalam bentuk chatting dimana konselor secara langsung berkomunikasi dengan klien pada waktu yang sama melalui internet.
2.      FUNGSI E-CONSELING
a.       Membantu menilai pilihan untuk terapi, sumber informasi mengenai layanan konselor yang spesifik, sumber informasi menjalankan konseling dan terapi pribadi berkelanjutan melalui e-mail (Hampton & Houser, 2000; Maheu & Gordon, 2000),
b.      Pemberian alat tes dan penilaian konselor (Sampson, 2001)
c.       Konseling real-time melalui chat dan conferencing, panduan bantu diri, pemberian nasihat melalui e-mail atau bulletin boards, perbincangan kelompok serentak maupun tak serentak (support counseling), konseling kelompok, serta penelitian konselor (Barak, 1999).
3.      KEUNGGULAN E-CONSELING
Dapat membantu:
a.       konseli yang berada di wilayah pedalaman
b.      konseli yang lumpuh atau sakit serius sehingga tidak dapat meninggalkan rumah
c.       konseli yang tidak berani mencari konseling tradisional
d.      konseli yang merasa lebih nyaman mengungkapkan diri mereka  secara tertulis (Shaw & Shaw, 2006).
e.       Terdapat catatan permanen dari seluruh kontak konseling
f.       Mengetik adalah cara efektif untuk “mengeksternalisasi masalah”
g.      Mengetik membantu konseli merefleksikan pengalaman mereka
h.      Ketidakseimbangan kekuatan  (konseli & konselor) berkurang
i.        konseli dapat mengekspresikan perasaan mereka saat itu juga
4.      KELEMAHAN E-CONSELING
a.       Penjaminan kerahasiaan di Internet
b.      Penanganan situasi darurat
c.       Tiadanya informasi nonverbal seperti ekspresi wajah, nada suara, dan bahasa tubuh (kasus Tarasoff)
d.      Bahayanya menawarkan layanan online melampaui batas wilayah
e.       Belum ada penelitian mengenai keefektifan konseling online
f.       Sulitnya mengembangkan hubungan terapeutik dengan konseli tanpa temu muka (Shaw & Shaw, 2006).
5.      HAL-HAL YANG PENTING UNTUK DIPERHATIKAN DALAM PENGGUNAAN E-CONSELING
a.       Beritahukan keterbatasan/ kelemahan
b.      Konselor yang memberikan layanan konseling online harus memiliki nama lengkap dan alamat konselinya (tidak boleh anonymous)
c.       Konseling online tidak sesuai untuk jenis masalah yang berat seperti sexual abuse, violent relationships, eating disorder, dan gangguan psikiatrik yang melibatkan distorsi realitas seperti ide pembunuhan ataupun bunuh diri (ACA, 2005).
6.      PANDUAN UNTUK MENGGUNAKAN KONSELING MELALUI EMAIL
*      Siswa-siswi harus memiliki E-mail terlebih dahulu (penggunaan E-mail yang disarankan sesuai dengan email yang dimiliki oleh konselor, misalnya ymail/yahoo).
*      Mengirimkan permasalahan atau hal yang ingin di konsultasikan beserta data pribadi (identitas diri) kepada konselor melalui E-Mail ke alamat mie_virgo92@yahoo.com.
*      Data pribadi yang yang di sertakan dalam E-mail sebagai berikut:
v  Nama
v  Kelas
v  No. Induk
v  Alamat
v  No. Kontak
Keterangan :                                                                          
Konseling yang dilakukan via E-Mail ini merupakan suatu alternative layanan yang dapat diberikan konselor untuk melakukan konsultasi, tetapi tidak menutup kemungkinan konsultasi dilanjutkan di sekolah menjadi kegiatan konseling.


7.      PEMBUATAN EMAIL
Langkah-lanngkah  membuat email di yahoo:
a.       buka browser misalnya Mozila Fire fox, masukkan alamat url-nya, www.mail.yahoo.com,
Cara membuat email di yahoo
sesaat kemudian akan muncul halaman yahoo mail, pastikan halamannya seperti gambar di bawah ini :

cara membuat email di yahoo

b.      Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan paswod, lalu klik Sign in. Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunyai Id yahoo dan pasword tentunya, maka klik saja menu Sign Up atau Daftar , jika tidak ada Sign up klik pada Create New Account.
Cara membuat email langkah keduaCara membuat email langkah kedua 
c.       sesaat setelah klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.

gambar email ketiga
lalu masukkan data-data identitas diri sesuai kolom  yang telah disediakan. di bawah ini saya beri contoh cara pengisiannya
cara membuat email di yahoo

*      untuk pengisian kolom ‘email alternatif’ dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau diisi dengan alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi jika mungkin kamu nanti lupa dengan pasword, maka pasword nanti akan dikirim lewat email alternatif yang dimasukkan tadi. Untuk pilihan pertanyaan, tinggal pilih saja (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama dengan email verifikasi. Yaitu jika kamu lupa dengan paswod, maka pertanyaan yang dipilih tadi akan muncul, dan masukkan jawaban yang dibuat tadi.
*      Masukkan code capta pada kolom yang disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai gampang dibaca.
d.      Jika sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [create my account] jika kolom isian formulir telah isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini.  Klik tombol Continue, untuk melanjutkan prosesnya.


 cara membuat email di yahoo
e.       Sesaat kemudian akan diarahkan ke kontak masuk email, disitu pasti ada satu pesan masuk… isinya dari pihak yahoo.com sendiri, biasanya ucapan selamat datang atau menikmati,
cara membuat email di yahoo
ketika pertama kali masuk email akan ada jendela pertanyaan seperti gambar di bawah ini, Klik tombol [I've used email before]
cara membuat email di yahoo
dan jika masih muncul jendela seperti ini lagi, Klik  Tombol  [x] pada bagian pojok nya.
cara membuat email di yahoo
f.       untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan pada gambar point nomor 5,  di atas sudah saya beri tanda lingkaran.  setelah kamu klik pada In Box, akan muncul daftar email yang ada di In Box, pada gambar di bawah ini karena baru membuat email, jadi baru ada satu buah email yang masuk.  untuk melihat isi email nya, klik pada pada Subjeknya email yang ingin kamu buka. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.

cara membuat email di yahoo
g.      cara mengirim email, untuk cara mengirim email. klik pada Tombol New, berada di side bar sebelah kanan (perhatikan gambar di bawah ini).
 cara membuat email di yahoo mengirim email
h.      setelah klik pada tombol New, sesaat kemudian akan dijumpai kolom untuk menuliskan email, perhatikan gambar di bawah ini. masukkan alamat email teman pada TO ; , kolom CC dikosongkan saja, Subjek sebagai tema atau judul surat, dan kolom paling bawah yang lebar sekali itu untuk menuliskan isi surat atau email yang ingin dikirimkan. jika sudah diisi semua, tekan Tombol Send
cara membuat email di yahoo
i.        jika email atau surat terkirim, akan di tandai seperti gambar di bawah ini. di bagian bawah terdapat dua kolom. itu merupakan tawaran, apakah kamu mau menyimpan alamat email yang barusan kamu kirimi surat atau tidak, kalau ya, masukkan nama depan dan nama belakang, kemudian klik OK
cara membuat email
j.        jika sudah selesai melakukan aktifitas pada email, Klik pada tombol Sign out sebelum menutup browser, sebagai antisipasi untuk keamanan akun yahoo.
 cara membuat email di yahoo
k.      apabila nanti ingin membuka lagi. tahapannya, buka alamat  www.mail.yahoo.com pada browser, entah itu Mozila fire fox atau Internet Explorer. kemudian masukkan alamat email dan password yang dibuat tadi. kemudian klik Sign In.
cara membuat email di yahoo
perlu diketahui, alamat website atau situs berbeda dengan alamat email. Contoh alamat situs www.ridwanaz.com.  sedangkan alamat email  martononingrat@yahoo.com.bukan   www.martono@yahoo.com. Karena dijumpai seseorang yang ingin membuka email atau mengecek isi emailnya malah memasukkan  seperti ini  www.martononingrat@yahoo.com pada adress bar browser nya, jelas saja yang muncul error. semoga panduan cara membuat email di yahoo di atas dapat kamu pahami, dan tentunya bermanfaat bagi yang membutuhkan.








DAFTAR PUSTAKA

drizcade. 2010. Layanan Bimbingan Konseling Berbasis Teknologi Informasi. http://www.vilila.com. 20 SEPTEMBER 2010

wahidnurrohman. 2011. Membuat email di yahoo. http://wahid07.wordpress.com.      13 februari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar