SILABUS MATA KULIAH
MANAJEMEN BK
A.
IDENTITAS MATA
KULIAH
Nama Mata Kuliah : Manajemen BK
Bobot Mata Kuliah : 3 SKS/
Kelompok Mata Kuliah :
Mata Kuliah Keahlian Berkarya
Semester : Genap 2011-2012
Dosen Pembina : 110720-Nurfarhanah,
M.Pd., Kons
B.
DESKRIPSI MATA
KULIAH
Mata
kuliah ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa
dalam merancang dan mengembangkan program bimbingan dan konseling sesuai dengan
kebutuhan-kebutuhan individual dan konteks lingkungan sekitar siswa, memahami
perspektif pelayanan BK, mampu mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan
permasalahan yang dihadapi oleh sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan/layanan
bimbingan dan konseling, mengelaborasi inisiasi tugas dan mendesain perencanaan
secara komplit serta pada akhirnya dapat
mengimplementasi hasil yang dicapai.
C.
KOMPETENSI/SUB
KOMPETENSI
1. Memiliki
kesadaran dan komitmen etika profesional
2. Mampu
bekerjasama secara produktif dengan teman sejawat dan anggota profesi lain.
3. Memiliki
kemampuan mengelola program bimbingan dan konseling
a. Menerapkan
prinsip-prinsip perencanaan
b. Melakukan
penilaian kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling
c. Merumuskan
tujuan dan menentukan prioritas program bimbingan dan konseling
D.
MATERI
PERKULIAHAN
MG
|
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
|
STRATEGI PERKULIAHAN
|
TUGAS
|
SUMBER
|
I
|
A.
Orientasi
Perkuliahan
1. Penjelasan
Silabus
2. Kontrak
Belajar
B.
Curah gagasan
tentang problematika layanan BK di sekolah
|
Ceramah
Tanya
Jawab
Brainstorming
Diskusi
Penjelasan
Tugas
|
Materi
tentang Konsep dan Orientasi baru BK
|
7,11,12
|
MG
|
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
|
STRATEGI PERKULIAHAN
|
TUGAS
|
SUMBER
|
II
|
Konsep dan Orientasi Baru BK
1.
BK Komprehensif
2.
BK Berbasis Perkembangan
|
Diskusi
Kelas
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Brainstorming
Penjelasan
Tugas
|
Materi
tentang Pelayanan BK Pola 17 Plus
|
2,4,5,7,9,12
|
III
|
Komponen
Pelayanan BK Pola 17 Plus
1.
Perbedaan BK Pola 17 dengan BK Pola 17 Plus
2.
Komponen Pelayanan BK Pola 17 Plus
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Penjelasan
Tugas
|
Materi
tentang Prinsip-Prinsip Kerja Profesional BK
|
9,12
|
IV
|
Prinsip-Prinsip
Kerja Profesional BK
1.
Prinsip Umum
2.
Prinsip Khusus Berhubungan dengan Siswa
3.
Prinsip Berhubungan dengan Guru BK
4.
Prinsip Berhubungan dengan Organisasi dan
Administrasi Bimbingan
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
Materi
tentang Konsep Dasar Manajemen BK
|
7,9,12
|
V
|
Konsep Dasar
Manajemen BK
1.
Pengertian Manajemen
2.
Tujuan dan Fungsi Manajemen
3.
Aspek-aspek Manajemen
4.
Implementasi Fungsi Manajemen dalam BK
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
Materi
tentang Konsep Dasar Pengorganisasian BK
|
7,9,12
|
VI
|
Konsep Dasar
Pengorganisasian BK
1.
Pengertian Pengorganisasian BK
2.
Manfaat Pengorganisasian BK
3.
Tujuan Pengorganisasian BK
4.
Implementasi Pengorganisasian dalam BK
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-Materi
tentang Program dan Kegiatan BK di Sekolah
-Menyerahkan
Laporan Buku/Bab
|
7,9,12
|
MG
|
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
|
STRATEGI PERKULIAHAN
|
TUGAS
|
SUMBER
|
VII
|
Program dan
Kegiatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
1.
Program Bimbingan dan Konseling
2.
Kegiatan Bimbingan dan Konseling
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-
Mempelajari materi dari pertemuan I s/d VII untuk persiapan UTS
|
2,4,7,9,12
|
VIII
|
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
|
UTUL (Ujian
Tulis)
|
Materi
Analisis Kebutuhan BK
|
|
IX
|
Analisis
Kebutuhan (Need Assesment) BK
1.
Pengertian Analisis Kebutuhan
2.
Tujuan dan Fungsi Analisis Kebutuhan
3.
Bentuk/Cara Melakukan Analisis Kebutuhan
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Brainstorming
Diskusi
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-
Laporan Analisis Kebutuhan (Need
Assessment) BK ke (SD, SMP, SMA dan SMK)
|
3,6,7,9,12
|
X
|
Analisis
Kebutuhan (Need Assesment) BK di
Sekolah
1.
Sekolah Dasar (SD)
2.
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
3.
Sekolah Menengah Atas (SMA)
4.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Brainstorming
Diskusi
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-Materi
tentang Penyusunan Program BK
|
3,6,7,9,12
|
XI
|
Penyusunan
Program BK
1.
Program Tahunan
2.
Pengklasifikasian Program Tahunan BK ke dalam
Program Bulanan
3.
Penyusunan Kegiatan Mingguan (harian) Program BK
di Sekolah
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-Rumusan
Program BK di SD, SMP, SMA dan SMK
|
3,6,7,9,12
|
XII
|
Model Program
BK di Sekolah
1.
Sekolah Dasar (SD)
2.
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
3.
Sekolah Menengah Atas (SMA)
4.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-Materi
Dinamika PerkembanganKebijakan Penyelenggaraan
Bimbingan
dan
Konseling di Sekolah
|
3,6,7,9,12
|
MG
|
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
|
STRATEGI PERKULIAHAN
|
TUGAS
|
SUMBER
|
XIII
|
Dinamika Perkembangan Kebijakan Penyelenggaraan
Bimbingan
dan Konseling di Sekolah
1.
Telaah kritis atas Kebijakan Penyelenggaraan BK di
sekolah dari waktu ke waktu
2.
Penghitungan Beban Kerja Guru BK
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-Materi
Hakikat dan Implementasi Konsep Kepemimpinan dan Keterampilan Manajemen Program
BK
|
1,2,4,7,12
|
XIV
|
Hakikat dan Implementasi Konsep
Kepemimpinan dan Keterampilan Manajemen Program BK
1.
Empat pendekatan terhadap Kepemimpinan
2.
Strategi peningkatan potensi kepemimpinan konselor sekolah
3.
Kebiasaan, nilai, basis pengetahuan, dan keterampilan pemimpin
efektif
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
-Materi
Konsep Manajemen Efektif Berbasis Teori Sistem
|
1,2,4,7,12
|
XV
|
Konsep Manajemen Efektif Berbasis
Teori Sistem
1.
Model Manajemen Konvensional VS Interaktif
2.
Planning, Organizing, Actuating,Controllingdan Evaluation
|
Penjelasan
Ringkas (Ekspository)
Tanya
Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan
Tugas
|
Mempelajari
keseluruhan materi untuk persiapan UAS
|
7,11,12
|
XVI
|
Review
Materi Perkuliahan
|
|
|
|
XVII
|
Ujian Akhir
Semester (UAS)
|
|
|
|
E.
TUGAS DAN LATIHAN
Setiap minggu mahasiswa dituntut
mengerjakan tugas individual/kelompok dalam bentuk
1.
Rangkuman
bacaan kuliah, power point dan mind mapping dari materi yang akan dibahas
setiap minggu
2.
Laporan
tertulis di lapangan (laporan observasi) sesuai kebutuhan
3.
Tugas-tugas
yang ditetapkan oleh dosen setiap tatap muka
4.
Ujian
kecil sebelum atau sesudah kuliah
F.
PENILAIAN
Mahasiswa yang diizinkan mengikuti
ujian, kehadirannya minimal 80%
Hal yang dipertimbangkan dalam penilaian
adalah:
1.
Ujian
Tengah Semester 25%
2.
Ujian
Semester 35%
3.
Tugas-tugas/ujian
kecil/praktek 30%
4.
Partisipasi
(keaktifan) mahasiswa dalam perkuliahan 10%
G.
SUMBER BAHAN
AJAR
1.
ABKIN.2005. Standar Kompetensi Konselor
Indonesia
2.
Ahmad
Juntika Nurihsan. 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
3.
Ahman.
1998. Model BK Perkembangan di SD. Disertasi. (Tidak diterbitkan). Bandung PPs
IKIP.
4.
Brown,
D. & Trusty, J. (2005). Designing and Leading Comprehensive School
Counseling Programs; Promoting Student Competence and Meeting Student Needs,
USA: Thomson Brookscole.
5.
Dinkmayer,
Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling and Guidance ; A Comprehensive School
Approach. USA : McGraw-hill.
6.
Muro,
J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in elementary School
and Middle School. USA : McGraw-hill.
7.
Uman
Suherman AS dan Dadang Sudrajat. 2000. Manajemen Layanan BK di Sekolah. Bandung: Publikasi Jurusan PPB
FIP IKIP.
8.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
9.
Prayitno.
1997. Seri Pemandu Pelaksanaan
Bimbingan dan Konseling di Sekolah Buku II Pelayanan Bimbingan dan Konseling
(SLTP). Jakarta: kerjasama koperasi karyawan pusgrafin dengan penerbit
Penebar Aksara.
10.
Schmidt,
J. J. (2008). Counseling in Schools;Comprehensive Programs of Responsive
Services for All Students, Boston: Pearson
11.
Sciarra,
D. T. (2004). School Counseling; Foundations and Contemporary Issues, USA: Thomson Brookscole
12. Buku-buku
sumber lainnya yang relevan dengan materi perkuliahan
H.
DOSEN PEMBINA
Nama :
NURFARHANAH, M.Pd., Kons
NIP :
19821012 200604 2 002
Alamat :
Perum Permata Biru H-9 Gang Damai Tabing
Email :
efakons_unp@ymail.com
HP :
081363221492
Tidak ada komentar:
Posting Komentar