Sabtu, 02 Juni 2012

silabus manajemen Bk


SILABUS MATA KULIAH
MANAJEMEN BK

A.      IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah                      : Manajemen BK
Bobot Mata Kuliah                      : 3 SKS/
Kelompok Mata Kuliah               : Mata Kuliah Keahlian Berkarya
Semester                                      : Genap 2011-2012
Dosen Pembina                            : 110720-Nurfarhanah, M.Pd., Kons


B.      DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam merancang dan mengembangkan program bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan individual dan konteks lingkungan sekitar siswa, memahami perspektif pelayanan BK, mampu mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan/layanan bimbingan dan konseling, mengelaborasi inisiasi tugas dan mendesain perencanaan secara komplit serta pada akhirnya dapat  mengimplementasi hasil yang dicapai.
C.      KOMPETENSI/SUB KOMPETENSI
1.      Memiliki kesadaran dan komitmen etika profesional
2.      Mampu bekerjasama secara produktif dengan teman sejawat dan anggota profesi lain.
3.      Memiliki kemampuan mengelola program bimbingan dan konseling
a.    Menerapkan prinsip-prinsip perencanaan
b.   Melakukan penilaian kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling
c.    Merumuskan tujuan dan menentukan prioritas program bimbingan dan konseling

D.      MATERI PERKULIAHAN

MG
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
STRATEGI PERKULIAHAN
TUGAS
SUMBER
I
A.   Orientasi Perkuliahan
          1.     Penjelasan Silabus
          2.     Kontrak Belajar
B.   Curah gagasan tentang problematika layanan BK di sekolah

Ceramah
Tanya Jawab
Brainstorming
Diskusi
Penjelasan Tugas
Materi tentang Konsep dan Orientasi baru BK

7,11,12
MG
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
STRATEGI PERKULIAHAN
TUGAS
SUMBER
II
Konsep dan Orientasi Baru BK
1.     BK Komprehensif
2.     BK Berbasis Perkembangan

Diskusi Kelas
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Brainstorming
Penjelasan Tugas

Materi tentang Pelayanan BK Pola 17 Plus
2,4,5,7,9,12
III
Komponen Pelayanan BK Pola 17 Plus
1.    Perbedaan BK Pola 17 dengan BK Pola 17 Plus
2.    Komponen Pelayanan BK Pola 17 Plus
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Penjelasan Tugas

Materi tentang Prinsip-Prinsip Kerja Profesional BK
9,12
IV
Prinsip-Prinsip Kerja Profesional BK
1.    Prinsip Umum
2.    Prinsip Khusus Berhubungan dengan Siswa
3.    Prinsip Berhubungan  dengan Guru BK
4.    Prinsip Berhubungan dengan Organisasi dan Administrasi Bimbingan

Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
Materi tentang Konsep Dasar Manajemen BK
7,9,12
V
Konsep Dasar Manajemen BK
1.     Pengertian Manajemen
2.     Tujuan dan Fungsi Manajemen
3.     Aspek-aspek Manajemen
4.     Implementasi Fungsi Manajemen dalam BK

Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
Materi tentang Konsep Dasar Pengorganisasian BK
7,9,12
VI
Konsep Dasar Pengorganisasian BK
1.     Pengertian Pengorganisasian BK
2.     Manfaat Pengorganisasian BK
3.     Tujuan Pengorganisasian BK
4.     Implementasi Pengorganisasian dalam BK
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
-Materi tentang Program dan Kegiatan BK di Sekolah
-Menyerahkan Laporan Buku/Bab
7,9,12
MG
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
STRATEGI PERKULIAHAN
TUGAS
SUMBER
VII
Program dan Kegiatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
1.    Program Bimbingan dan Konseling
2.    Kegiatan Bimbingan dan Konseling
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
- Mempelajari materi dari pertemuan I s/d VII untuk persiapan UTS
2,4,7,9,12
VIII
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
UTUL (Ujian Tulis)
Materi Analisis Kebutuhan BK

IX
Analisis Kebutuhan (Need Assesment) BK
1.     Pengertian Analisis Kebutuhan
2.     Tujuan dan Fungsi Analisis Kebutuhan
3.     Bentuk/Cara Melakukan Analisis Kebutuhan
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Brainstorming
Diskusi
Simulasi
Penjelasan Tugas
- Laporan Analisis Kebutuhan (Need Assessment) BK ke (SD, SMP, SMA dan SMK)
3,6,7,9,12
X
Analisis Kebutuhan (Need Assesment) BK di Sekolah
1.    Sekolah Dasar (SD)
2.    Sekolah Menengah Pertama (SMP)
3.    Sekolah Menengah Atas (SMA)
4.    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Brainstorming
Diskusi
Simulasi
Penjelasan Tugas
-Materi tentang Penyusunan Program BK
3,6,7,9,12
XI
Penyusunan Program BK
1.      Program Tahunan
2.      Pengklasifikasian Program Tahunan BK ke dalam Program Bulanan
3.      Penyusunan Kegiatan Mingguan (harian) Program BK di Sekolah
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
-Rumusan Program BK di SD, SMP, SMA dan SMK
3,6,7,9,12
XII
Model Program BK di  Sekolah
1.    Sekolah Dasar (SD)
2.    Sekolah Menengah Pertama (SMP)
3.    Sekolah Menengah Atas (SMA)
4.    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)


Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
-Materi Dinamika PerkembanganKebijakan  Penyelenggaraan Bimbingan
dan Konseling di Sekolah

3,6,7,9,12
MG
POKOK/ SUB POKOK BAHASAN
STRATEGI PERKULIAHAN
TUGAS
SUMBER
XIII
Dinamika Perkembangan Kebijakan Penyelenggaraan Bimbingan
dan Konseling di Sekolah
1.     Telaah kritis atas Kebijakan Penyelenggaraan BK di sekolah dari waktu ke waktu
2.     Penghitungan Beban Kerja Guru BK

Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
-Materi Hakikat dan Implementasi Konsep Kepemimpinan dan Keterampilan Manajemen Program BK

1,2,4,7,12
XIV
Hakikat dan Implementasi Konsep Kepemimpinan dan Keterampilan Manajemen Program BK
1.    Empat pendekatan terhadap  Kepemimpinan
2.    Strategi peningkatan potensi  kepemimpinan konselor  sekolah
3.    Kebiasaan, nilai, basis  pengetahuan, dan keterampilan pemimpin efektif
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
-Materi Konsep Manajemen Efektif Berbasis Teori Sistem


1,2,4,7,12
XV
Konsep Manajemen Efektif Berbasis Teori Sistem
1.    Model Manajemen Konvensional VS Interaktif
2.    Planning, Organizing, Actuating,Controllingdan Evaluation
Penjelasan Ringkas (Ekspository)
Tanya Jawab
Diskusi
Brainstorming
Simulasi
Penjelasan Tugas
Mempelajari keseluruhan materi untuk persiapan UAS
7,11,12
XVI
Review Materi  Perkuliahan


XVII
Ujian Akhir Semester (UAS)




E.      TUGAS DAN LATIHAN
Setiap minggu mahasiswa dituntut mengerjakan tugas individual/kelompok dalam bentuk
1.      Rangkuman bacaan kuliah, power point dan mind mapping dari materi yang akan dibahas setiap minggu
2.      Laporan tertulis di lapangan (laporan observasi) sesuai kebutuhan
3.      Tugas-tugas yang ditetapkan oleh dosen setiap tatap muka
4.      Ujian kecil sebelum atau sesudah kuliah
F.       PENILAIAN
Mahasiswa yang diizinkan mengikuti ujian, kehadirannya minimal 80%
Hal yang dipertimbangkan dalam penilaian adalah:
1.      Ujian Tengah Semester                                                           25%
2.      Ujian Semester                                                                        35%
3.      Tugas-tugas/ujian kecil/praktek                                               30%
4.      Partisipasi (keaktifan) mahasiswa dalam perkuliahan 10%

G.     SUMBER BAHAN AJAR

1.         ABKIN.2005. Standar Kompetensi Konselor Indonesia
2.         Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
3.         Ahman. 1998. Model BK Perkembangan di SD. Disertasi. (Tidak diterbitkan). Bandung PPs IKIP.
4.         Brown, D. & Trusty, J. (2005). Designing and Leading Comprehensive School Counseling Programs; Promoting Student Competence and Meeting Student Needs, USA: Thomson Brookscole.
5.         Dinkmayer, Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling  and Guidance ; A Comprehensive School Approach. USA : McGraw-hill. 
6.         Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in elementary School and Middle School. USA : McGraw-hill.
7.         Uman Suherman AS dan Dadang Sudrajat. 2000. Manajemen Layanan BK  di Sekolah. Bandung: Publikasi Jurusan PPB FIP IKIP.
8.         Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
9.         Prayitno. 1997. Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Buku II Pelayanan Bimbingan dan Konseling (SLTP). Jakarta: kerjasama koperasi karyawan pusgrafin dengan penerbit Penebar Aksara.
10.     Schmidt, J. J. (2008). Counseling in Schools;Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students, Boston: Pearson
11.     Sciarra, D. T. (2004). School Counseling; Foundations and Contemporary  Issues, USA: Thomson Brookscole
12.  Buku-buku sumber lainnya yang relevan dengan materi perkuliahan

H.     DOSEN PEMBINA
Nama                   : NURFARHANAH, M.Pd., Kons
NIP                      : 19821012 200604 2 002
Alamat                 : Perum Permata Biru H-9 Gang Damai Tabing
Email                   : efakons_unp@ymail.com
HP                       : 081363221492

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar