CARA
MENGETAHUI VALIDITAS ALAT UKUR
Sebuah tes dikatakan memiliki
validitas jika hasilnya sesuai dengan kriterium, dalam arti memiliki
kesejajaran antara hasil tes tersebut dengan kriterium. Teknik yang digunakan
untuk mengetahui kesejajaran adalah teknik korelasi product moment yang dikemukakan
oleh Pearson.
Rumus korealsi product moment ada
dua macam, yaitu:
a. Korelasi
product moment dengan simpangan.
b. Korelasi
product moment dengan angka kasar.
Rumus korelasi product moment
dengan simpangan.
=
dalam
mana:
rxy = koefisien
antara variable Xdan variable Y, dua variable yang dikorelasikan (x = X —
dan y = Y —
).
jumlah
perkalian x dengan y
kuadrat dari x
kuadrat dari y
Contoh
perhitungan :
Misalnya akan menghitung validitas tes prestasi belajar
Matematika. Sebagai kriterium diambil rata-rata nilai ulangan harian yang
tercatat dalam daftar nilai. Nilai tes yang akan dicari validitasnya diberi
kode X dan rata-rata nilai harian diberi kode Y. Kemudian dibuat table persiapan sebagai berikut:
Tabel persiapan untuk mencari
validitas tes prestasi Matematika
No.
|
Nama
|
X
|
Y
|
x
|
y
|
|
|
xy
|
1
|
Nadia
|
6,5
|
6,3
|
0
|
-0,1
|
0,0
|
0,01
|
0,0
|
2
|
Susi
|
7
|
6,8
|
+0,5
|
+0,4
|
0,25
|
0,16
|
+0,2
|
3
|
Cecep
|
7,5
|
7,2
|
+0,1
|
+0,8
|
1,0
|
0,64
|
+0,8
|
4
|
Erna
|
7
|
6,8
|
+0,5
|
+0,4
|
0,25
|
0,16
|
+0,2
|
5
|
Dian
|
6
|
7
|
-0,5
|
+0,6
|
0,25
|
0,36
|
-0,3
|
6
|
Asmara
|
6
|
6,2
|
-0,5
|
-0,2
|
0,25
|
0,04
|
+0,1
|
7
|
Siswoyo
|
5,5
|
5,1
|
-1,0
|
-1,3
|
1,0
|
1,69
|
+1,3
|
8
|
Jihad
|
6,5
|
6
|
0
|
-0,4
|
0,0
|
0,16
|
0,0
|
9
|
Yanna
|
7
|
6,5
|
+0,5
|
+0,1
|
0,25
|
0,01
|
+0,05
|
10
|
Lina
|
6
|
5,9
|
-0,5
|
-0,6
|
0,25
|
0,36
|
+0,3
|
|
jumlah
|
65,0
|
63,8
|
|
|
3,5
|
3,59
|
2,56
|
=
=
=
6,5
=
=
=
6,38 dibulatkan
6,4
x
= X −
y
= Y −
dimasukkan
ke rumus :
=
=
=
=
=
0,748
Indeks
kolerasi antara X dan Y inilah indeks validitas soal yang dicari.
Rumus korelasi product moment
dengan angak kasar
=
Dalam
mana:
= koefisien
korelasi antara variable X dan variabel Y, dua variable yang dikorelasikan.
Dengan
menggunakan data hasil tes prestasi Matematika di atas kini dihitung dengan
rumus korelasi product moment dengan angka kasar yang table persiapannya
sebagai berikut:
Tabel persiapan untuk mencari validitas
tes prestasi Matematika
No.
|
Nama
|
X
|
Y
|
|
|
XY
|
1
|
Nadia
|
6,5
|
6,3
|
42,25
|
39,69
|
40,95
|
2
|
Susi
|
7
|
6,8
|
49
|
46,24
|
47,6
|
3
|
Cecep
|
7,5
|
7,2
|
56,25
|
51,84
|
54,0
|
4
|
Erna
|
7
|
6,8
|
49
|
46,24
|
47,6
|
5
|
Dian
|
6
|
7
|
36
|
49
|
42
|
6
|
Asmara
|
6
|
6,2
|
36
|
38,44
|
37,2
|
7
|
Siswoyo
|
5,5
|
5,1
|
30,25
|
26,01
|
28,05
|
8
|
Jihad
|
6,5
|
6
|
42,25
|
45,5
|
39
|
9
|
Yanna
|
7
|
6,5
|
49
|
36
|
45,5
|
10
|
Lina
|
6
|
5,9
|
36
|
34,81
|
35,4
|
|
jumlah
|
65,0
|
63,8
|
426,0
|
410,52
|
417,3
|
Dimasukkan
kedalam rumus:
=
=
=
=
=
=
=
0,745
Jika
dibandingkan dengan validitas soal yang dihitung dengan rumus simpangan
ternyata terdapat perbedaan sebesar 0,003, lebih besar yang dihitung dengan
rumus simpangan. Hal ini wajar karena dalam mengerjakan perkalian atau
penjumlahan jika diperoleh 3 atau angka dibelakang koma dilakukan pembulatan
keatas. Perbedaan ini sangat kecil sehingga dapat diabaikan.
Koefisien
korelasi selalu terdapat antara
1,00 sampai + 1,00. Namun karena dalam
menghitung seringkali dilakukan pembulatan angka-angka, sangat mungkin
diperoleh koefisien lebih dari 1,00. Koefisien negative menunjukkan hubungan
kebalikan, sedangkan koefisien positif menunjukkan adanya kesejajaran. Untuk
mengadakan interpretasi mengenai besarnya koefisien korelasi adalah sebagai
berikut:
¾ Antara
0,800 sampai dengan 1,00 :
sangat tinggi
¾ Antara
0,600 sampai dengan 0,800 :
tinggi
¾ Antara
0,400 sampai dengan 0,600 : cukup
¾ Antara
0,200 sampai dengan 0,400 :
rendah
¾ Antara
0,00 sampai dengan 0,200 :
sangat rendah
Penafsiran harga koefisien korelasi ada
dua cara yaitu :
1. Dengan
melihat harga r dan diinterpretasikan misalnya korelasi tinggi, cukup dan
sebagainya.
2. Dengan
berkonsultasi ke table harga kritik r product moment sehingga dalat diketahui
signfikan tidaknya korelasi tersebut. Jika harga r lebih kecil dari harga
kritik dalam tabel, maka korelasi tersebut tidak signifikan. Begitu sebaliknya.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta; BumiAksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar